CONTOH KASUS DENGAN PERMENKES

                       PERATURAN MENTRI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
                        NOMOR 1691 / MENKES / PER / VIII / 2011

                         TENTANG

                     KESELAMATAN PASIEN RUMAH SAKIT

                      DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
                      MENTRI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

Menimbang :  bahwa untuk melaksanakan ketentuan pasal 43 undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit perlu menetapkan peraturan mentri kesehatan tentang keselamatan pasien rumah sakit.

Mengingat : mengingat bahwa undang-undang no 36 tahun 2009 tentang KESEHATAN.
Peraturan pemerintah no 32 tahun 1996 tentang TENAGA KESEHATAN
KEPMENKES no 1333/menkes/SK/XII/1999 Tentang STANDAR PELAYANAN RS
Peraturan mentri kesehatan nomor 1144/MENKES/PER/VIII/2010 Tentang Keselamatan pasien rumah sakit, dalam pasal 1 ayat 2,3,4,5.






Contoh kasus :

KNC (Kejadian nyaris cedera) yang terjadi di UGD

Seorang perawat A ingin memberikan obat suntik kedalam pembuluh darah pasien yang bernama  Tn. D, tetapi ketika mau melakukan penyuntikan karena terburu-buru dan kurang berhati-hati, perawat tersebut salah memasukan atau memberikan obat kepada Tn.D sehingga pasien mengalami syok dan sakitnya tambah parah, itu semua adalah kesalahan perawat A Karena kelalaian dalam memberikan obat. ini adalah kejadian salah obat salah masuk pasien. Kasus ini berkait dengan UU no 1144/MENKES/PER/VIII/2010 tentang keselamatan pasien rumah sakit dalam pasal 1 ayat 1,2,3.

Kasus ke dua

Contoh KTD
Seorang Pasien di ruang rawat dengan penurunan kesadaran, ingin jatuh dari tempat tidur karena pusing sehingga tidak bisa mengambil air minum perawat tidak memasang pengaman /restren disaat menyiapkan alat-alat untuk melakukan tindakan.Kasus ini berkait dengan UU no 1144/MENKES/PER/VIII/2010 tentang keselamatan pasien rumah sakit dalam pasal 1 ayat 1,2,3.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh kasus etik dalam pelayanan kebidanan

RANGKUMAN ISBD